Sabtu, 24 Maret 2018

Diarena kebut lurus 201 meter tanaha air, kelas bebek 2 tak 116cc memang tak masuk kelas utama. Namun jangan salah masbro, justru kelas ini yang paling banyak menyumbang starter, terutama kelas pemula dan lokal ditiap gelaran dragbike. Wajarlah sebab dari segi biaya modif sendiri relatif lebih murah dibanding kelas laen.
Dan inilah salah satu motor yang kerap gondol podium dikelas yang dijuluki ‘bebek goreng’ itu. Motor milik tim DNR SF201 Safa asal Tulungagung ini disegani di drag Jatim. ” Baru lalu bikin bestime 8,3 detik mas saat maen di drag Mojoagung “. Seru Deny Ardianto alias Ardian ‘kancil’ joki sekaligus pemilik motor. Catatan waktu yang fantastis pastinya bro sebab dikelas ini biasanya rata2 maen 8,5 detikan. Makanya kita kupas tuntas detil modifikasi mesinnya diportal ini.

Piston, Head dan Blok
Piston, Head dan Blok
Diawali pada bagian silinder blok yang katanya dijejali piston merk NPP berdiameter 52,7 mm, lalu porting exhaust-nya dikorek abis, tinggal 24,5 mm tingginya diukur dari bagian atas. Sedang tinggi lubang transfer dibikin 39,5 mm dan bilas 40 mm. Ukuran tinggi lubang buang dan trnsfer tadi tergolong ekstrem, konsekwensinya putaran bawah jadi loyo tapi power atasnya ganas. ” Sengaja dibikin seperti itu lantaran kita fokus kejar tanaga atasnya “. Terang Deny Sasmita si pengorek mesin. Karenanya agar torsi bawahnya tetap kuat disiasati lewat angka kompresi yang dinaikkan jadi 10,2 : 1 . ” Sealin itu desain ruang bakar juga ditata ulang, squisnya dibikin 19 derajat lebarnya 10 mm “. Detil mekanik yang bengkelnya ada di Botoran,Tulungangung Jatim itu.
Sedang karbu masih standar, hanya direamer venturinya jadi 24 mm, tentu saja tujuannya agar pasokan bahan bakar lebih optimal. Sama juga dengan knalpotnya yang standart modif, terutama di bagian silincernya yang dibikin lurus. Lalu disempurnakan dengan ubahan rasio yang dibikin close agar tenaga terus nyambung tanpa jeda saat pindah-pindah gigi. Hitungan rasio dan detil modifikasi lainnya sampeyan intip sendiri tuh tulisan dibawah. Yang mau order mesin ke Deny juga ada tuh alamat lengkap bengkel plus nomor hapenya. Cekidot masbro !! PB

DATA MODIFIKASI
Motor                     : Yamaha F1z-R
Kelas                      : Bebek 2 tak 166 cc
tim                          : DNR SF201 Safa                                                                                                      Piston                    : NPP 52,7 mm
Kompresi              : 10,2 : 1
Tinggi exhaust     : 24,5 mm dari bibir atas blok
Tinggi transfer     : 39,5 mm, bilas : 40 mm
Squish                    : 19 derajat, lebar 10 mm
Karbu                     : Standart reamer 24 mm
Spuyer                    : main jet ; 195, pilot jet ; 35
Kampas kopling   : Model FR80
Rasio                      : (1) 13-36, (2) 16-28, (3) 19-25, (4) 21-23
CDI                         : standart
Membran              : standart
Koil                         : standart
Knalpot                  : standart modif
Ban                         : IRC Eat My Dust 60/80-17 belakang, 50/90-17 depan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar